Sunday, August 12, 2007

P&K BEM Fasilkom UI proudly presented : Training for Staff

Depok, Sabtu 11 agustus 2007

Hari ini ada agenda P&K yang bernama “Training for Staff”. Acara yang berbentuk pelatihan dan ditujukan untuk staff Fasilkom (Janitor, Satpam, orang kantin, dan staff lainnya) ini belangsung cukup meriah dan ramai (emang acara ulang taun anak TK ya... Hehe) Dikepalai oleh Roma yang bertindak sebagai PO Acara (baca: Project Officer) Training for Staff ini dapat dikatakan sukses walaupun sempat menemui beberapa hambatan.

Dibuka dengan briefing panitia tepat pukul 08.00. Menurut salah seorang panitia yang mengikuti briefing tersebut (saya ga’ ikutan briefing.hehehe…) hanya ada beberapa orang panitia yang hadir saat itu. Berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya acara dimulai tepat pukul 09.00, yaitu setelah peserta melakukan registrasi, namun ternyata acara tersebut tidak bisa dimulai sesuai jadwal yang ada mengingat jumlah peserta yang hadir saat itu baru 2 orang. Akhirnya, panitia meminta bantuan kepada peserta yang sudah hadir tersebut untuk mengajak peserta-peserta lainnya agar bersegera memasuki Lab 1106 tempat training dilaksanakan. Hasilnya sekitar pukul 09.30 acara pun dimulai, dengan diawali doa tentunya. Setelah diselidiki (cuma pendapat pribadi) sebenarnya para peserta sudah datang dari pagi namun kebanyakan masih malu-malu untuk mendaftar.

Acara Training for Staff ini dibagi menjadi dua sesi ditambah satu kali istirahat. Sesi pertama yaitu materi tentang Ms.Word berlangsung sampai pukul 12.00. Pada sesi satu ini peserta dibekali oleh sebuah modul dan bentuk penyampaian materi adalah berupa tutorial oleh saudara Hisma Mulya a.k.a Mamaz yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai pembicara, serta beberapa panitia yang bertindak sebagai asisten untuk mendampingi setiap peserta. Sesi satu ini diakhiri dengan pembuatan tabel pada Ms.Word yang merupakan pembahasan terakhir pada modul, dilanjut dengan istirahat untuk makan siang dan sholat dzuhur.

Berlanjut ke sesi dua yang dimulai pukul 13.00. Dalam sesi ini materi yang dibahas adalah pengenalan internet, termasuk di dalamnya pengenalan tentang browser, browsing, dan pengenalan email (dari pembuatan account sampai tatacara pengiriman email). Penyampaian materi tidak jauh berbeda dengan sesi satu, bedanya kali ini peserta tidak mendapatkan modul tambahan.

Training for Staff berakhir tepat pukul 16.00. Diakhir acara, para peserta diminta untuk mengisi formulir feedback sebagai bahan evaluasi. Setelah acara selesai, tim P&K yang sekaligus panitia melakukan evaluasi. Dan harus diakui, acara ini berjalan dengan sangat sukses karena setelah membaca feedback dari peserta kami mengetahu bahwa peserta merasa puas dengan acara ini. Dan tampaknya usaha keras para anggota P&K untuk acara ini membuahkan hasil yang memuaskan.

No comments: