Thursday, August 23, 2007

Kuliah Laghi, Semangat Laghi......

Dengan berakhirnya hari minggu nanti, maka berakhir pula masa-masa liburan bagi sebagian orang di kampus. Mengapa dikatakan sebagian, karena sebagian lainnya mungkin tidak sempat merasakan nikmatnya liburan ataupun bersantai-santai karena harus melakukan sesuatu agenda yang waktunya tepat di masa liburan semester genap.hehe... Sesuatu yang diakhiri pasti akan segera diawali dengan sesuatu yang baru, seperti akan segera dimulainya masa perkuliahan semester ganjil yang jatuh pada hari senin nanti. eh tapi itu di Fasilkom ya', ga' tau klo teman2 yang lain gimana. hehe... Rasanya sayang jugha klo kita hanya menyambut momen ini secara biasa-biasa saja, maksudnya akan lebih seru jika kita menyalakan api semangat dalam diri kita ini yang mungkin sempat padam. atawa lagi redup remang-remang. hehe...

Saya bisa sedikit berbagi tips yang mungkin berguna untuk menyalakan api semangat tersebut...

1. Tetapkan Target Semester ini
Yup!! Ibarat suatu kapal yang berlabuh di lautan tetapi ga' punya tujuan, kapal tersebut hanya akan mengalir mengikuti arus dan ombak yang ada, terdampar di pulau yang tidak sesuai dengan keinginannya, atau mungkin ditenggelamkan oleh ombak ditengah perjalanannya. Dari ilustrasi tadi udah ketauan kan maksudnya apa, jika kita tidak menyiapkan target yang dicapai tidak ada sesuatu hal yang kita tuju. Bisa jadi kita hanya mengikuti arus perkuliahan begitu saja.

2. Pelajari diri kita yang lalu
Ini nih yang mungkin cukup penting, dengan merefleksikan diri, kita bisa tahu apa kelebihan dan kekurangan kita semester lalu. Kalo bagus dan masih bisa kita pakai di semester baru ini, kalo kurang baik, bisa kita pebaiki khan??

3. Evaluasi,,,Evaluasi...
Perlukah?? tentu saja sangat perlu. evaluasi bukan cuma di akhir-akhir doank lowh, bisa jugha kan kita lakukan partisi 6 bulan kedepan menjadi 3 bulan sekali untuk evaluasi diri. Ngapain aja tuh pas evaluasi, intinya ya untuk merefresh semangat kita untuk tetap menyala.. hehehe...

Hmmm,,,segitu aja dulu deh tipsnya. Bukan berarti saya jugha sudah melakukan semua itu dengan sempurna lowh, saya hanya menuanggakan buah pikiran untuk dibagikan kepada para pembaca. lebih seru kalo mempersiapkannya bareng-bareng kan??

Semoga Bermanfaat....

2 comments:

tachu said...

semangat ya ber...

BeRLi said...

Makasih Tachuuuuu.....
Hwehehehe...