Sunday, September 23, 2007

Karena Saya Merindukannya

Hari minggu setelah sahur dan sholat subuh, saya atau lebih tepatnya kami sekeluarga (maksudnya bukan saya yang sudah berkeluarga ya’, tapi saya beserta orangtua dan anggota keluarga lainnya) melakukan kegiatan yang sebenarnya sudah lama tidak kami lakukan bersama-sama. Yup, pada hari itu saya merasakan kembali nikmatnya melakukan tilawah Qur’an bersama-sama. Lalu apa istimewanya?? Sangat istimewa menurut saya. Sekilas memang tidak ada bedanya dengan tilawah-tilawah yang biasa saya lakukan sehari-hari dikampus atau dimana pun itu, apalagi sekarang bulan Ramadhan yang sejujurnya saya lagi semangat-semangatnya untuk mengkhatamkan Al-Quran beberapa kali. Bedanya kali ini saya lakukan bersama-sama dengan anggota keluarga. Namun justru disitulah istimewanya, jika diingat-ingat sebelumnya tidak terasa sudah hampir setahun kami tidak berkumpul untuk melakukan tilawah bareng tersebut. Alasannya sederhana masing-masing anggota keluarga sibuk dengan jadwal kegiatannya masing-masing.

Setelah berpikir sesaat, ternyata saya menyadari bahwa waktu yang saya sisihkan bersama keluarga sangatlah minim. Yah mungkin seperti yang pembaca ketahui, jadwal kuliah saya penuh sampai Jum’at dan berada di kost selama 5 hari tersebut. Pulang ke rumah Jum’at malam, itupun biasanya setelah sampai rumah hanya mengobrol sebentar dan kemudian langsung tidur karena memang sudah waktunya tidur. Hehehe.. Sabtunya, tidak sepenuhnya saya berada di rumah ada banyak agenda rutin yang biasa saya lakukan dan biasanya baru pulang jam 9 malam. Jadi baru hari minggu waktu untuk keluarga. Sayangnya tidak setiap minggu juga anggota keluarga kami semuanya berkumpul. Terkadang ibu saya pergi dinas keluar kota, kakak saya yang tetap berada di kostan, dan masih banyak hal lainnya.

Saya merindukan masa-masa ini, masa dimana semua anggota berkumpul dan melakukan sesuatu yang berarti manfaatnya. Alhamdulillah tilawah bareng satu keluarga kemarin sedikit mengobati kerinduan saya itu. Tidak banyak memang, kami hanya sempat membaca satu juz Al-Quran waktu itu. Alhamdulillah walaupun hanya sekitar satu setengah jam kami tilawah, kami masih diberi kesempatan untuk melakukannya karena siang harinya kedua orang tua saya ada urusan di Cirebon dan berangkat jam 10 via kereta. Subhanallah, begitu berharga dan nikmatnya waktu luang bersama keluarga itu. Waktu-waktu seperti itulah yang selalu saya rindukan. Ya’!? saya merindukannya karena Allah. Jadi terjawab deh kenapa itu begitu istimewa buat saya? Jawabannya karena sudah lama saya merindukannya. Hehehe….

Move to another topic, ngomong-ngomong sekarang ini sudah hari ke 10 di bulan Ramadhan yang artinya sudah 1/3 bulan yang terlewati. Sudah menjadi kebiasaan dari tahun-tahun sebelumnya, saya biasa melakukan evaluasi ibadah Ramadhan tiap 10 hari. Hasil evaluasinya, Alhamdulillah masih di dalam jalur target yang saya tetapkan di awal Ramadhan. Hmm..bagi yang sudah baca postingan sebelumnya, mungkin sudah tahu klo saya membawa misi balas dendam di ramadhan tahun ini. Saya berniat membalas kekurangan-kekurangan saya di Ramadhan tahun kemarin. Ya Allah, semoga hambamu ini tetap meluruskan niat ibadah Ramadhannya ini hanya karenaMu.

Wassalam…

1 comment:

Anonymous said...

Klo sekarang ini ane merindukan posting om berli terbaru...

Apdet om!